Minggu, 21 Agustus 2011

Lanjutan Tipe OCD (terpotong sebelumnya)

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Washers and Cleaners
Seorang OCD tipe Washers dan Cleaners, mereka khawatir tentang kontaminasi oleh benda-benda tertentu atau situasi, seperti kuman, penyakit, dan sekresi tubuh. Untuk memastikan tidak ada kesempatan kontaminasi maka Washers dan Cleaners akan membuat satu atau lebih ritual mandi yang panjang, mencuci tangan berulang kali, dan membersihkan rumah mereka selama berjam-jam. Pencucian dan pembersihan dilakukan untuk mencegah kematian dan penyakit. Aktivitas mencuci dan membersihkan bisa menghabiskan waktu selama satu setengah jam hingga sepuluh jam. Washers dan Cleaners akan menghindari apa pun yang mereka pikir terkontaminasi (Foa & Wilson, pg 8)
video

<!--[if !supportLists]-->Repeaters
Repeater adalah mereka yang mengulang tindakan mereka. Ketika pikiran menakutkan memasuki pikiran mereka, mereka merasa perlu untuk mengulang beberapa tindakan untuk menjaga pikiran dari kenyataan. Repeater
bertindak seperti pemeriksa yang mencoba untuk mencegah sesuatu yang buruk terjadi. Namun, repeater tidak dapat membedakan antara obsesi dan paksaan. Contoh repeater akan mencegah pasangannya dari kematian dalam keadaan berpakaian dan tidak berpakaian sampai pikiran tentang kematian hilang (Foa & Wilson, pg 9)
<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->Orders
Orders adalah orang yang ingin hal-hal di sekitar mereka diatur dalam cara tertentu dengan pola simetris. Orders menghabiskan banyak waktu untuk memastikan suatu hal berada di tempat yang tepat dan akan peka ketika pola dari sesuatu telah berubah. Mereka biasanya marah ketika sesuatu yang mereka telah tata tidak sempurna. Misalnya Orders akan meletakkan obat vitamin mereka dalam desain khusus pada meja dapur dan menata ulang desain setiap kali pil atau vitamin diambil (Foa & Wilson, pg 9).
<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->Hoarder
Hoarder (penimbun) yaitu seseorang yang mengumpulkan benda-benda atau hal-hal yang mereka temukan dan tidak mungkin untuk menyingkirkannya. Hoarder akan mengumpulkan segala sesuatu dan menyimpannya dengan maksud menggunakan mereka di masa depan. Sebuah contoh dari Hoarder adalah ketika seseorang mengumpulkan koran untuk waktu yang lama berpikir mereka akan membutuhkan artikel tertentu (Foa & Wilson, pg 10).
<!--[if !supportLists]-->5.      <!--[endif]-->Thinking Ritualizes
Pemikir ritual memiliki pikiran berulang untuk mengatasi kecemasan atau obsesi. Pola dari pemikir ritual erat terkait dengan repeater, kecuali pikiran ritual yang berulang-ulang bukan perilaku. Berdoa mengulangi kata-kata tertentu atau frase, dan menghitung adalah ritual yang paling umum dari ritualizer tersebut. Sebagai contoh, Stuart, pemikir ritual yang terkait nomor ke nasib buruk dan nomor keberuntungan. Ketika pikiran dengan angka-angka yang terkait dengan keberuntungan atau buruk akan memasuki pikirannya ia akan mengulangi enam kali atau beberapa kali untuk menghentikan nasib buruk. Berpikir ritualizer akan mencoba untuk mengingat peristiwa secara rinci dan menguulangi daftar mental untuk memastikan keamanan. Misalnya, pria tua berusia 67 tahun menghabiskan waktunya untuk menguji memorinya setiap hari dengan mencoba untuk mengingat peristiwa penting untuk mencegah penyakit Alzheimer (Foa & Wilson, pg 100).

0 komentar:

Posting Komentar