Minggu, 21 Agustus 2011

Pengertian Obsessive Compulsive Disorder



Obsessive Compulsive Disorder-OCD merupakan suatu gangguan anxietas di mana pikiran dipenuhi dengan pemikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan dan individu dipaksa untuk terus-menerus mengulang tindakan tertentu, menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu keberfungsian sehari-hari.
Obsesi adalah pikiran, impuls, dan citra yang mengganggu dan berulang yang muncul dengan sendirinya serta tidak dapat dikendalikan, walaupun demikian biasanya tidak selalu tampak irasional bagi individu yang mengalaminya.
Kompulsi adalah perilaku atau tindakan mental repetitif yang mana seseorang merasa didorong untuk melakukannya dengan tujuan untuk mengurangi ketegangan yang disebabkan pikiran-pikiran obsesif atau untuk mencegah terjadinya suatu bencana. Aktivitas tersebut tidak berhubungan secara realistis dengan tujuan yang ada atau jelas berlebihan.
Berdasarkan pada kriteria DSM-IV TR, Obsesif-Compulsive Disorder didefinisikan sebagai berikut:
Obsesi didefinisikan sebagai berikut:
1.    Pikiran, impuls, atau gambaran pengalaman terjadi berulang dan terus-menerus pada beberapa waktu selama gangguan, yang mengganggu dan menyebabkan kecemasan dan tidak pantas serta tertekan
2.    Pikiran, impuls, atau gambar tidak hanya kekhawatiran tentang masalah kehidupan nyata
3.    Orang mencoba untuk mengabaikan atau menekan pikiran, impuls, atau gambar untuk menetralisir mereka dengan beberapa pikiran lain atau tindakan
4.    Orang tersebut mengakui bahwa pikiran obsesional, impuls, atau gambar adalah produk dari pikiran sendiri (tidak dipaksakan dari luar, seperti dalam penyisipan berpikir)

Kompulsi didefinisikan sebagai berikut:
1.    Perilaku berulang (misalnya, mencuci tangan, mengatur, memeriksa) atau tindakan mental (misalnya, berdoa, menghitung, mengulangi kata-kata secara diam-diam) bahwa orang merasa didorong untuk melakukan sesuatu untuk menanggapi obsesinya, atau menurut aturan yang harus diterapkan secara kaku
2.    Perilaku atau tindakan mental yang bertujuan untuk mencegah atau mengurangi tekanan atau mencegah suatu peristiwa atau situasi yang ditakuti. Namun, perilaku atau tindakan mental tidak terhubung dalam cara yang realistis dengan apa yang mereka rancang untuk menetralisir atau dilakukan dengan berlebihan.
Prevalensi sepanjang hidup gangguan obsesif-kompulsif berkisar 2,5 persen dan sedikit lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding pada laki-laki (Karno & Golding, 1991; Karno dkk., 1988; Stein dkk., 1997). Usia onset gangguan ini tampaknya bimodal, yaitu terjadi sebelum usia sepuluh tahun atau pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa (Conceicao do Rosario-Campos dkk., 2001). Pada kasus usia dewasa, gangguan ini sering dialami setelah kejadian yang penuh stres, seperti kehamilan, melahirkan, konflik keluarga, atau kesulitan di pekerjaan (Kringlen, 1970). Gangguan obsesif-kompuksif juga menunjukkan komordibitas dengan gangguan anxietas lain, terutama dengan gangguan panik dan fobia (Austin dkk., 1990), dan dengan berbagai gangguan kepribadian (Baer dkk., 1990; Mavissikalian, Hammen, & Jones, 1990).
Stern dan Cobb (1978) menemukan bahwa 78 persen dari sampel individu kompulsif memandang ritual mereka sebagai “cukup bodoh atau aneh” walaupun mereka tidak mampu menghentikannya.
video


3 komentar:

arjunasetia mengatakan...

perkongsian ocd:

http://husnuzzonloa.blogspot.com/p/rawatan-ocd.html

Riskiyah Kholifatur mengatakan...

bisa menanyakan sesuatu tidak tentang ocd ini ??

arjunasetia mengatakan...

Share yg ni ya:


Assalamualaikum, PENGUMUMAN :
Sebuah Seminar Khas
"Rawati Kehidupan" Untuk Penderita OCD, Anxiety Disorder/ Depression/ IVT akan diadakan pada :

Ahad , 24 Jan 2016
Jam 10 pg hingga 5.30 ptg
Tempat : Ibu Pejabat JKK Kg. Melayu, Batu 16
48000 Rawang, Selangor (Berhadapan Masjid Jamek Al-Ehsaniah)

Yuran : RM50
(bayar waktu pendaftaran)
Pendaftaran bermula jam 9 pagi

Speaker : HusnuzzonLoa Consultancy
Penampilan Khas (Inshaa Allah) : VirginRose VR - Penulis Anxiety and I
(Turut dijemput, bergantung kpd kelapangan beliau)

Makan tengahari, sarapan dan tea break disediakan.
Nota-nota penting juga disertakan.

Peserta diminta membawa alat tulis dan buku nota.

Seminar ini mendedahkan cara ikhtiar merawat penyakit dan kehidupan dgn menggunakan Hukum Daya Tarikan (Islamic Law of Attraction) , EFT dan The Power Of NOW.

EFT atau Emotional freedom technique, lanjutan dari LOA, adalah adaptasi dari akupunture cina, tetapi tdk mnggunakan jarum, hanya ketukan jari pada titik point meridian pada kepala, tangan dan badan.
Sebagai ikhtiar membebaskan emosi2 negatif yg telah lama terperangkap dalam saraf dan 'subconscious mind'

Semua perkongsian ilmu dalam sessi rundingcara/ personal coaching yg admin lakukan selama ini akan dibawa ke seminar ini.

Jangan lepaskan peluang ini. Tempat terhad. Yang berminat sila SMS Nama dan No IC ke:
019-2154850

Poskan Komentar